SELAMAT DATANG DI BLOG SEKOLAH DASAR NEGERI 3 PAYUNGSARI UPTD PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEC. PANUMBANGAN KAB. CIAMIS PROV. JAWA BARAT

Senin, 29 April 2013

Update Terbaru Aplikasi Pendataan Dikdas v1.13.0.1 Plus 2


Pada Bulan April 2013 Kemdikbud melakukan Update Terbaru Aplikasi Pendataan Dikdas v1.13.0.1 Plus 2. Update ke 2 untuk versi 1.13.0.1 ini memiliki beberapa kelebihan di banding versi sebelumnya. Mari Kita Cek Kelebihan Aplikasi Pendataan Terbaru v1.13.0.1 Plus 2.

1. Panel Cek dan Unduh Peserta UN

Aplikasi Pendataan Dikdas v1.13.0.1 Plus 2 setelah di instal perbedaan yang paling mencolok adalah terdapatnya panel unduh peserta un yang sebelumnya tidak terdapat pada aplikasi, kecuali kita mendownload patch unduh peserta UN. Untuk informasi lengkap bisa membaca Cara Import data Dapodik Ke Aplikasi Pendataan Ujian Nasional.

2. Kirim Ke server dan Back Up LOkal

Pada aplikasi sebelumnya, memang sudah tersedia pasilitas ini, tapi pada versi terbaru ini, kesalahan aplikasi dalam membaca jaringan internet di komputer kita jadi lebih baik. Jadi kasus komputer terdeteksi koneksi offline jarang di temui.

3. PTK yang bersangkutan tidak memiliki record terdaftar

 Ini salah satu bug di aplikasi pendataan versi terdahulu, di versi sebelumnya saya pernah mencoba maping rombel tapi tidak bisa karena ada salah satu ptk ber status  "PTK yang bersangkutan tidak memiliki record terdaftar" di aplikasi Aplikasi Pendataan Dikdas v1.13.0.1 Plus 2 masalah tersebut mudah untuk di atasi dengan saran yang telah ada di aplikasi.

4. Penyempurnaan Lainnya

- Bug free hilangnya data pada saat aplikasi di tutup
- Aplikasi dapat mendeteksi jika user masih menggunakan database versi lama
- Penyempurnaan dalam report absensi, dimana sudah urut sesuai nama siswa
- Penyempurnaan dalam report profil sekolah, dimana untuk peserta didik berdasarkan penghasilan orang tua dan umut sudah terfilter sesuai tahun ajaran dan semester yang aktif.
- Penyempunaan export dan import untuk table PTK (Penambahan field status, ketika di export)


untuk anda op sekolah yang ingin mengupdate aplikasi pendataan terbaru, silahkan mendownload di http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/dload/aplikasi_pendataan_1.13.0.1_plus2.zip

Download Aplikasi – Aplikasi Pengelolaan Dana BOS Terbaru Gratis


Aplikasi Pengelolaan Dana BOS adalah software yang membantu sekolah dalam pengelolaan data dan pelaporan Dana Bantuan Operasional Sekolah. Dengan menggunakan Software bos, kita akan di dimudahkan dalam membuat rincian dan komponen dalam pelaporan dana bos. Kali ini saya akan mereview 3 aplikasi dana bos gratis. Berikut Download Aplikasi – Aplikasi Pengelolaan Dana BOS Terbaru Gratis :
1. LAPORAN KEUANGAN TERPADU (LKT) APLIKASI BOS 2013
Laporan Keuangan Terpadu (LKT) adalah aplikasi pengelolaan dana bos, yang memanfaatkan penggunaan microsoft office excel dalam menjalankan software ini. Aplikasi ini adalah alat sederhana yang dikembangkan oleh Lembaga Pelatihan dan Konsultan Inovasi Pendidikan Indonesia (LPK-IP) untuk membantu mengelola BOS 2013 dan suberdaya satuan pendidikan khususnya dalam menyusun menusun perencanaan dan pelaksanaan keuangan. File yang berformat xlsm ini sara rasa merupakan aplikasi bos yang sangat lengkap.
Menu – menu yang ada dalam aplikasi ini misalnya
- Membuat biodata sekolah
- Membuat Sumber dana
- Parameter Sistem BOS
Perencanaan
Penyusunan RKAS
BOS K-1
BOS K-2
BOS03
Pembukuan
Input Transaksi Pelaksanaan
BOS K-3
BOS K-4
BOS K-5
BOS K-6
Kwitansi
Kwitansi Buku
Pelaporan
BOS K-7
BOS K-7a
BOS K-8
SPJ
BOS 04
Rencana Vs Realisasi
Untuk anda yang ingin mendownload master LKT 2013, silahkan download di sini
2. Aplikasi BOS 2013
Aplikasi BOS 2013 adalah aplikasi yang digunakan untuk pelaporan dana bos dengan bantuan ms office excel. Ada beberapa kesamaan dengan aplikasi LKT, tapi di aplikasi ini penginputan data lebih sederhana. Saya sendiri saat ini lebih memilih aplikasi ini karena sistem pelaporanya yang simpel dan mudah di mengaeti.
Aplikasi ini berisikan beberapa fitur diantaranya :
1. Petunjuk Penggunaan Aplikasi
2. Data Sekolah
3. Sampul Laporan
4. Format BOS-K1 : RKAS
5. Format BOS-K2 : RKAS 1 Tahun
6. Format BOS-K3 : Buku Kas Umum (BKU)
7. Format BOS-K4 : Buku Pembantu Kas (BPK)
8. Format BOS-K5 : Buku Pembantu Bank (BPB)
9. Format BOS-K6 : Buku Pembantu Pajak (BPP)
10, Format BOS-K7 : Realisasi Penggunaan Tiap Jenis Anggaran
11. Format BOS-K7a : Rekep Penggunaan dana BOS
12. Format Lampiran BOS-K7 : Penyataan Tanggung Jawab
13. Format BOS-03 : Rencana Pengunaan Dana BOS
14. Format BOS-K4 : Laporan Penggunaan Dana BOS
15. Surat Pengantar Laporan Ke Bupati
16. Data Kuitansi A2
17. Lihat Kuitansi A2 dan Pencetakan
Bagi ada yang ingin mendownload apliasi dana bos 2013 silahkan download disini
3. Aplikasi Siap BOS
Software Sistem Informasi Pelaporan Bantuan Operasional Sekolah (SiapBOS) dibuat untuk membantu tim manajemen BOS sekolah dalam pencatatan dan pelaporan penggunaan dana. Software  pengelolaan SPJ BOS untuk sekolah ini kami rancang agar mudah digunakan oleh tim manajemen BOS sekolah, walaupun tidak mempunyai pengetahuan akuntansi.
SiapBOS sesuai dengan juknis BOS terbaru. Anda akan mendapat kemudahan ketika membuat laporan BOS. Anda pasti yakin membeli SiapBOS untuk membantu membuat pelaporan BOS anda.
Sistem Lisensi SiapBOS sekarang tersedia dengan menggunakan Dongle
Untuk Download dan Informasi yang lebih jelas bisa mengakses di www.siapbos.net/
Sumber : Download Aplikasi – Aplikasi Pengelolaan Dana BOS Terbaru Gratis

Minggu, 21 April 2013

Download NUPTK Web Browser Terbaru ( V 176-15 )




NUPTK Web Browser adalah aplikasi buatan DIKTI untuk mencari NUPTK. Dengan Web Browser NUPTK ini dapat memudahkan para guru-guru untuk menelusuri NUPTK-nya masing-masing, sehingga tidak perlu repot-repot mencari di Om Google & Om Yahoo.


NUPTK Web Browser Versi Terbaru ini dilengkapi fitur Simpan Excel. Oke baiklah langsung saja ke TKP, Silahkan Klik dibawah ini  :


NUPTK Web Browser v 176-15 (Terbaru)

Selasa, 16 April 2013

SK Sertifikasi Guru Belum Keluar, Bukan Kiamat


Sumarna Surapranata, Ph.D
Jakarta (Dikdas): Menanggapi sejumlah guru yang gelisah lantaran namanya belum terjaring dalam aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sehingga terancam tak mendapat tunjangan, Sumarna Surapranata, Ph.D., Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, mengatakan mereka tak perlu khawatir. Jika data belum terjaring, kemungkinan besar pengisian instrumen pendataan oleh operator sekolah belum lengkap. Maka yang perlu dilakukan adalah melengkapi instrumen pendataan.

“Bagi guru yang tidak keluar SK-nya sekarang, itu bukan kiamat. Silakan melengkapi persyaratan-persyaratan, nanti di tengah jalan akan keluar. Haknya dari bulan Januari tidak hilang,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 9 April 2013. Setelah data lengkap dan Surat Keputusan (SK) keluar, guru mendapat tunjangan secara rapel tanpa ada pemotongan sepeserpun.

Sumarna mengakui, penjaringan Dapodik belum mencapai 100 persen. Itu terjadi lantaran banyak kendala di lapangan, seperti terbatasnya akses dan jaringan internet di sebuah daerah. Namun jumlahnya kecil, kini sekitar 3,5 persen.

Tapi bukan berarti pihaknya tinggal diam. Selain melalui Dapodik, penjaringan data dilakukan pula dengan pengecekan secara manual. Operator sekolah yang bersangkutan dihubungi baik melalui telepon, pesan layanan singkat, ataupun surat. Kepala sekolah dan dinas pendidikan setempat juga turut dihubungi. Dengan begitu, penjaringan instrumen pendataan akan cepat tuntas.

Sumarna menyampaikan, tunjangan khusus yaitu tunjangan untuk guru-guru yang mengabdi di kawasan yang tergolong daerah khusus telah tersalur 100 persen. Dana tunjangan dikirim ke rekening masing-masing guru. “Kalau tunjangan profesi baru tersalurkan sekitar 40 persen,” ungkapnya.* (Billy Antoro)

Sumber :  Dirjen Pendidikan Dasar 

Minggu, 07 April 2013

Pencairan Tunjangan Profesi ( Sertifikasi ) Tahun 2013

Tunjangan Profesi Guru atau lebih dikenal dengan sertifikasi tahun 2013 ini dikabarkan akan cair pada bulan April tahun 2013 untuk triwulan pertama. Ini sebuah kabar gembira namun juga menuai keresahan sejumlah pihak terutama guru yang data Dapodiknya belum beres.

Pencairan Tunjangan Profesi mulai tahun ini akan langsung dikirim oleh pusat ke rekening guru berdasarkan data Dapodik. Jadi bagi yang SK nya belum ada tidak dapat mencairkan tunjangan triwulan pertama. Untuk mengetahui apakah PTK tersebut sudah ada SK atau belum dari pusat silahkan kunjungi website P2TK Dikdas di link berikut:  disini

Setelah dapat dibuka akan muncul tayangan seperti gambar berikut :

    









lalu tuliskan NUPTK dan Pasword berupa tahun bulan dan tanggal lahir lalu akan muncul seperti gambar berikut :













bagi yang sudah SK tinggal menunggu pencairan tunjangan di rekening masing- masing sesuai persyaratan yang juga tercantum dalam setiap SK yaitu sbb :



















Demikian Informasi yang saya tahu bagi yang belum SK jangan bersedih karena proses masih berlangsung walaupun mungkin harus menunggu triwulan kedua bulan juli.

[ Tulisan : Yudi Wahyudi, Guru SDN 3 Payungsari ]